Informatif dan Menghibur

Tuesday, February 5, 2013

10 Binatang paling lambat di dunia

                                10 Binatang Paling Lambat di Dunia

 Dari berbagai jenis hewan yang ada di dunia, beberapa di antaranya mempunyai kecepatan berpindah tempat yang tak seperi hewan pada umumnya.
Tak hanya binatang melata saja, mamalia laut pun masuk dalam daftar ini. Penasaran, binatang apa saja yang paling lambat di dunia? Mari simak halaman berikut.

1. Three-Toed Sloth


Three-Toed Sloth  
Three-Toed Sloth termasuk salah satu dari gen Bradypus dan keluarga Bradypodidae. Binantan gini terkenal sangat lambat bergerak. Sloth termasuk binatang yang malas.
Kecepatan gerak binatang seukuran anjing kecil ini bergerak dengan kecepatan maksimal 0,15 mph. Panjang tubuhnya sekitar 60 cm, dan beratnya 3,5 - 4,5 kg.


2. Starfish

Starfish 
Bintang laut umumnya mempunyai lima lengan yang menempel pada cakram pusat. Ia tidak tergantung pada kerangka dan memiliki sistem vaskular air hidrolik yang membantunya bergerak.
Binatang unik yang hidup di dunia laut ini punya kecepatan gerak maksimal 8 mph.

3. Garden Snail

Garden Snail 
Siput yang memiliki cangkang memang bergerak sangat lambat. Mungkin karena ia membawa beban berat di ounggungnya itu. :D
Fakta lain yang menarik dari binatang ini adalah, siput bisa tidur dalam jangka waktu tiga tahun. Wow! 

4. Giant Tortoise

Giant Tortoise 
Kura-kura raksasa memang menjadi ciri khas di beberapa pulau tropis. Binatang ini merupakan salah satu di dunia yang punya umur panjang. Ia bisa hidup hingga 100 tahun atau lebih.
Spesies ini punya kecepatan bervariasi menurut jenisnya. Kura-kura paling lambat di dunia telah dihitung memiliki kecepatan 0,13 hingga 0,30 mph. Beda dengan saat berenang, mereka bisa mencapai 22 mph.

5. Koala

Koala 
Koala termasuk mamalia malam. Tangan dan kakinya khusus disesuaikan untuk dapat memanjat pohon. Mereka tidur di pohon-pohon pada siang hari.
Dengan kevepatan gerak 25mph, Koala juga merupakan salah satu spesies yang dilindungi. Akan tetapi, keberadaan mereka terancam punah oleh hilangnya habitat.

6. Slug

Slug 
Siput tanpa cangkang juga termasuk binatang paling lambat di dunia. Dia hanya memiliki kecepatan 0,03 hingga 0.19 mph. Binatang ini sangat mudah  ditangkap sejak zaman prasejarah.
Tubuhnya yang lunak dan berlendir membuat siput rentan terhadap kekeringan, sehingga siput hidup terbatas pada lingkungan lembab.

7. Seahorse

Seahorse 
Jika kuda di darat memiliki kecepatan gerak yang cukup tinggi, kuda yang di laut justru sebaliknya. Seahorses memiliki kecepatan maksimal 0.5 mph. Binatang ini juga tampak seperti binatang paling cuek di dunia. Ia tak pernah peduli apa yang terjadi di sekitarnya. :D

8. Nematodes

Nematodes  
Ini bukan plankton seperti dalam animasi Spongebob. Cacing yang satu ini memang tak kasat mata. Ia hanya bisa dilihat dengan mikroskop, dan keceparan berpindahnya pun sangat lambat.

9. Gila Monster

Gila Monster 
Gila Monster termasuk salah satu spesies kadal besar yang pada awalnya ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko utara selatan. Binatang ini memiliki kaki kuat dan cakar panjang yang digunakan untuk menggali.
Gila monster menghabiskan sebagian besar waktu mereka di liang bawah tanah. Mereka biasanya makan tikus, anak kelinci, dan telur burung burung yang  mereka temukan di dalam tanah. Meski ganas, geraknya hanya 15 mph.

10. Manatee

Manatee 
Manatee termasuk salah satu mamalia laut yang besar. Mereka juga dikenal sebagai sapi laut. Berat rata-rata Manatee lebih dari 500 kg dan dapat tumbuh hingga lebih dari 4,5 meter.
Binantang ini bisa bertahan hidup hingga 70 tahun. Manatee menghabiskan sebagian besar waktu mereka pada tanaman dalam keadaan hangat, di perairan dangkal yang kurang lebih dua meter tingginya.
Binatang ini termasuk herbivora. Mereka hanya memakan tanaman air seperti rumput laut dan ganggang. Kecepatan berpindah binatang ini hanya 13 mph.
(kpl/dew)

Sumber: Kapanlagi.com

serbanyampur.blogspot.com. Powered by Blogger.

© Serba Serbi Informasi Bercampur Di Sini, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena