Informatif dan Menghibur

Monday, December 10, 2012

Program Mobil Murah

Lanjut Ke Tata Nano, si mobil mungil dari negeri Bollywood...





Kalau kita sering nonton Televisi, maka belakangan ini kita bisa melihat sebuah iklan yang cukup menarik, karena iklan tersebut bertindak sebagai brand image positioning bagi sebuah perusahaan di market Indonesia, yaitu PT Tata Motors Indonesia.

Selidik punya selidik, ternyata TATA adalah perusahaan produsen kendaraan yang sangat terkenal di India dengan beragam produknya, seperti 
TATA NANO, TATA INDICA VISTA dan TATA ARIA. Apalagi setelah rancangan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang sebentar lagi diterbitkan oleh pemerintah, memungkinkan perusahaan asal India tersebut bisa masuk ke pasar mobil Indonesia yang memang sangat menggiurkan, terutama kelas dibawah 100 juta.


Setelah munculnya ESMKA sebagai mobil "rakyat", dan regulasi pemerintah yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk membuat pabrik dan merakit mobil didalam negeri sehingga mampu menekan harga mobil sedemikian rupa, maka perusahaan-perusahaan mobil besar seperti Toyota dan Daihatsu juga mempersiapkan mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Ceruk yang menarik ini juga membuat TATA segera bermanufer untuk bisa memasukkan produk andalannya TATA NANO ke pasar Indonesia lewat regulasi pemerintah tentang mobil murah dan ramah lingkungan seperti dengan beriklan diberbagai stasiun televisi Swasta dan di Internet, serta rencana bekerja sama dengan pabrikan lokal PT Gaya Motor (Astra Grup) atau National Assemblers (Indomobil Grup). Syarat-syarat regulasi tersebut diantaranya adalah Konsumsi bbm 22 kpl, memiliki mesin 1.000 cc ke bawah, wajib dirakit di Indonesia, dan 80 persen komponen yang digunakan wajib dibuat di Indonesia.

Spesifikasi Mobil TATA NANO
Dimensions
Overall Length
3099 mm
Overall Width
1495 mm (Without ORVMs)
Overall Height
1652 mm
Wheelbase
2230 mm
Ground clearance
180 mm
Min Turning Circle Radius
4 m
Seating Capacity
4 persons
Fuel Tank Capacity
15 Litres
Kerb Weight :
Nano
600 kg
Nano CX
615 kg
Nano LX
635 kg
Boot Space
With rear seat folded: 500 Litres
Without rear seat folded: 80 Litre
Engine dan Transmission
Engine Type
624 cc, 2 cylinder, MPFI
Max Engine Output
38 PS @ 5500 ± 250 rpm
Maximum Torque
51 Nm @ 4000 ± 500 rpm
Maximum Speed
105 kmph
Gradeability
30%
Transmission
Synchromesh on all forward gears, Sliding mesh on reverse gear with overdrive on 4th gear
No. of Gears
4 Forward + 1 Reverse
Suspension
Front
Independent, Lower Wishbone, McPherson Strut with gas filled dampers and anti-roll bar
Rear
Independent, Semi Trailing arm with coil spring & gas filled shock absorbers
Brakes
Brake Type
Dual Circuit, Vertical Split operated by tandem master cylinder with vacuum booster
Front
180 mm diameter Drum Brake
Rear
180 mm diameter Drum Brake
Wheels and Tyres
Tyre Type
Radial & Tubeless
Front Tyre size
135/70 R12
Rear Tyre size
155/65 R12
Spare Tyre size
135/70 R12
Wheels
4 B x 12

Dengan menyasar pasar kelas mobil murah, Tata Nano berharap mampu bersaing dipasar mobil Indonesia yang memang sangat menggiurkan.
Read More

Program Mobil Murah

Selain pabrikan Jepang, pabrikan China juga akan ikut pada program mobil murah diantaranya Geely dan Cherry.


Penetrasi produsen mobil asal Cina, Geely, di pasar Indonesia rupanya tidak tanggung-tanggung. Setelah mengusung citycar Panda bermesin 998 cc dengan harga Rp. 98 juta, PT Geely Mobil Indonesia, kelak akan merakitnya di Indonesia, tepatnya di kawasan Jonggol, Bogor.
Tak hanya Panda, sejumlah unit lain juga akan dirakit di sana pada tahun depan.
"Indonesia punya potensi besar untuk dijadikan basis produksi ASEAN. Kami sendiri memiliki lahan seluas 30 hektar di Jonggol, dan sedang dalam tahap pembangunan. Diharapkan pada pertengahan 2013 sudah selesai, dan akan digunakan memproduksi produk Geely yang akan dipasarkan di sini, termasuk Panda," urai Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesian Hosea Sanjaya.




Investasi pembangunan pabrik ini sendiri disebut mencapai 30 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 287 miliar. Model-model yang akan dirakit pun termasuk MK, mobil kecil offroad LC Cross, dan Emgrand.
Langkah ini menjadi batu pijakan PT Geely Mobil Indonesia setelah beberapa waktu lalu menelurkan citycar Panda seharga Rp. 98 juta untuk terjun di kancah mobil murah. Geely Panda ini sendiri sudah mulai bisa dipesan konsumen di IIMS 2012.
Harga itu sudah mencakup fitur AC, lampu kabut, power steering, center lock, dan power window; juga sistem keamanan pada rem ABS dengan EBD.

Lanjut Dengan Merek Cherry


Sepintas mobil diatas mirip dengan chevrolet spark atau daewoo matiz, namun sebenarnya gambar diatas adalah cherry QQ. City car made in China ini sudah beredar di Indonesia.


Chery, yang sudah masuk ke Indonesia sejak September 2006 melalui city car andalannya Chery QQ. Mobil mungil ini menggunakan dua model mesin 800 cc dan 1100 cc.  Chery QQ dibanderol dengan harga Rp92-100 juta
Dari dua tipe Chery, Chery QQ paling diminati konsumen lantaran harganya yang murah. Mobil mungil dan irit bahan bakar ini menyasar konsumen yang baru pertama kali membeli mobil. 


Read More

Program Mobil Murah


Datsun

Mendengar kata Datsun pasti kita akan berpikir mobil-mobil lawas, namun ternyata merek tersebut akan dibangkitkan kembali oleh Nisaan, selaku pemegang merek tersebut.

Rencana membangkitkan merek legendaris Datsun memang sudah menjadi sebuah kepastian. Bahkan kabar berhembus kalau harga termurah Datsun nanti akan berada di rentang waktu US$ 3.000-5.000 atau sekitar Rp 28,7-48 jutaan.

Dilansir Wall Street Journal, merek Datsun menurut CEO Nissan Carlos Ghosn dan beberapa eksekutif perusahaan menjelaskan kalau Datsun akan segera masuk ke pasar negara-negara berkembang dan Nissan yang memiliki merek ini diharapkan dapat membantu untuk mencapai harga serendah mungkin yakni US$ 3.000-5.000 atau sekitar Rp 28,7-48 jutaan untuk melawan rival-rivalnya.

Namun detail mengenai desain, model dan fitur yang ada di mobil-mobil Datsun masih dirahasiakan. Tapi yang jelas, Ghosn mengatakan kalau mereka berkomitmen untuk membuat 6 model Datsun untuk tahap awal yang akan mereka lahirkan mulai 2014.

Mobil-mobil itu nantinya akan melawan mobil-mobil murah yang menyebar di banyak negara berkembang, terutama India dan China. Sementara di Indonesia, Datsun kemungkinan akan melawan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya.






Ghosn menggambarkan kalau peluncuran Datsun selain memiliki tujuan bisnis, tapi juga mempunyai tujuan lain yakni untuk menyediakan kesempatan yang lebih besar pada orang-orang menengah bawah di negara-negara berkembang untuk memiliki mobil.

Datsun sendiri sudah mengumumkan komitmennya untuk segera masuk Indonesia, paling tidak pada 2014 mendatang. Niat Nissan melahirkan Datsun tidak lain adalah untuk ikut serta meramaikan program Low Cost and Green Car yang saat ini sedang digodok pemerintah. Untuk Indonesia setidaknya ada 2 model Datsun yang meluncur di 2014 nanti.

Untuk sedan yang kabarnya memiliki kode nama Codenamed NKD 2196, akan menggunakan platform dari mobil Rusia LADA Granta. 

LADA adalah pabrikan Rusia yang dimiliki oleh AvtoVAZ, AvtoVAZ sendiri 25 persen sahamnya dimiliki oleh Renault Nissan, jadi wajar saja kalau mobil murah Nissan bakal menggunakan platform mereka.

Dari sketsa itu terlihat bagian depan yang agresif dari NKD 2196, desain grillenya mirip dengan yang dipamerkan CEO Nissan Carlos Ghosn saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.
Read More

Program Mobil Murah

Melanjutkan Postingan sebelumnya, kali ini calon mobil murah yang akan meluncur adalah Suzuki Alto.

Sebagai pembanding mobil murah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya , PT Suzuki Indomobil Sales bakal meluncurkan Alto sebagai calon mobil murah dari Suzuki.

Walau belum dipasarkan, Alto sebagai calon mobil murah Suzuki di Indonesia sudah terdata dengan nama A-Star MT LXI kategori mobil penumpang 4x2. Beda dengan Alto 800 yang lebih kecil 100 cc, A-Star akan menggunakan mesin berkapasitas 998 cc DOHC tiga silinder bertenaga 67 hp,sama seperti Estilo.

Alto dengan mesin torsi maksimum diperoleh pada putaran rendah 90 Nm putaran 3.000 rpm. Ukuran panjangnya pun hanya lebih kecil 100 mm dibanding Estilo, yakni 3.500 mm dengan lebar 1.600 (lebih lebar sedikit dibandingEstilo). A-Star akan dipasangi dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Hal menarik, pihak Suzuki Indonesia sudah memberi bocoran bahwa harganya akan bersaing dengan Agya dan Ayla di segmen mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). "Soal harga, nanti. Tapi perkiraannya, tak kalahmurah dari Toyota dan Daihatsu (Agya - Ayla)," ungkap Direktur Sales PT Suzuki Indomobil Sales Davy J Tuilan, Kamis, 15 November di Bogor.






Sebagai pembanding, Daihatsu Ayla sendiri akan dipasarkan dalam empat varian dengan kode D, D+, M, dan X. Varian D sebagai yang termurah dilepas Rp75 juta yang antara lain bumper belum sewarna dengan bodi, tanpa AC, interior di pintu rata dengan jendela engkol sehingga tanpa power window, sistem hiburan audio, dan hanya transmisi manual. Sementara D+ sudah punya power window, memiliki AC, tetapi tetap dengan transmisi manual.

Varian M tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matik dengan perbedaan harga Rp10 juta (manual Rp80 juta, sedangkan matik Rp90 juta) dengan AC, power window, lampu kabut, panel pintu moulding, pelek kaleng.

Sedangkan varian X sebagai yang termahal juga dipasarkan dengan pilihan dua transmisi, manual dan matik (Rp105 juta) sudah memiliki semuanya, plus pelek alloy, dan pemanis krom di kisi-kisi depan mesin, transmisi matik dengan MID, roof spoiler, dan sistem audio 
Read More

Program Mobil Murah

Oke sobat...melanjutkan postingan sebelumnya tentang program mobil murah, dibawah ini adalah beberapa mobil murah yang akan meluncur ke pasaran.

Kita mulai dengan Toyota Agya.
Sejatinya Toyota Agya ini adalah kembaran dari Daihatsu Ayla, namun ada penambahan spesifikasi dibandingkan dengan Daihatsu Ayla.
Berikut gambar Toyota Agya.






Toyota Agya tampaknya akan menjadi penguasa jalanan di Indonesia nantinya. Kabarnya toyota agya ini dibanderol dengan harga dibawah 100juta atau sekitar 80 jutaan untuk seri toyota agya yang paling murah. Namun jangan salah, walaupun harganya murah, Toyota Agya sudah dilengkapi fitur dan spesifikasi yang bisa dibilang bagus. Desain body dan interior toyota agya terlihat sangat menawan dan elegant.

Ada 3 tipe Agya yakni E (terendah), G (high grade) dan TRD-S. Masing-masing memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan mesin 3 silinder 1.000 cc. Semua tipe Toyota Agya sudah dipasangi SRS airbag. Jadi lebih aman kalau terjadi kecelakaan. Ini perbedaan mendasar dengan Ayla. Ayla tidak memiliki airbag. Seat belt di kursi belakang pun sudah menjadi fitur standar Toyota Agya.

Spesifikasi Toyota Agya
Dimensi
Panjang : 3.600 mm
Lebar : Tipe E 1.600 mm; Tipe G dan TRD S 1.620 mm
Tinggi : 1.520 mm
Wheelbase : 2.450 mm

Mesin
Tipe : 3 cylinder inline, 12 valve, DOHC
Kapasitas : 988 cc
Tenaga : 65 @ 6.000 rpm
Torsi : 86 kgm @3.600 rpm
Tangki : 33 liter
Bahan bakar : Bensin tanpa timbal

Sasis
Transmisi : 5-speed manual dan 4 speed automatic
Sistem kemudi : Rack and Pinion with Electric Power Steering

Suspensi
Depan : MacPherson Struts with Coil Spring
Belakang : Semi independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

Rem
Depan : 12 inch solid (MT); 13 inch Disc (AT)
Belakang : Drum 165

Ban
Tipe E : 155/80 R13 with Steel & Wheel Cap
Tipe G dan TRD S : 175/65 R14 with Alloy Wheel

Jumlah tempat duduk penumpang : 4 (bisa diisi 5 orang dengan nyaman)
System keamanan : SRS airbag
Velg : alloy 6 spoke wheel ukuran 175/65 R14
Spion : electric (kecuali varian E)
AC : ada
Power windows + central door lock
Kemudi : power steering

Selain Toyota dan Daihatsu, kabarnya Honda juga akan ikut ke program mobil murah yang dicanangkan pemerintah. 
Kabarnya honda sudah menyiapkan pabrik mereka untuk mengikuti program mobil murah ini. Adapun kabarnya mobil murah yang akan diikutkan adalah Brio dengan kandungan lokal 80 persen.

Berikut dibawah ini gambar-gambar Honda Brio.






Sampai saat ini belum ada kepastian dari Honda apakah Brio akan dimasukkan ke program mobil murah atau tidak. Kita tunggu saja.






Read More

Program Mobil Murah




Bagi sobat-sobat yang ingin  memiliki mobil baru dengan harga dibawah 100jt, maka bersabarlah karena sebentar lagi pemerintah akan mengeluarkan program mobil murah dan ramah lingkungan. Harga mobil tersebut dibawah 100jt. Saat ini pabrikan yang sudah siap adalah Daihatsu dan Toyota. Daihatsu sudah memperkenalkan mobil murahnya dengan nama Ayla, sedangkan Toyota memperkenalkan mobil murah mereka dengan nama Agya. Sejatinya kedua mobil ini kembar identik seperti Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia. Selain Daihatsu dan Toyota, pabrikan lain yang akan ikut program ini adalah Suzuki, Honda, Pegeout, Nissan.

Mari Kita Mulai dengan mobil keluaran dari Daihatsu.

Berikut adalah gambar dari Daihatsu Ayla








Untuk Urusan Mesin, mobil ini sudah menggunakan mensin 3 silinder dengan bahan bakar bensin.
Daihatsu Ayla memiliki kemampuan hingga 65 PS pada putaran mesin 6000 RPM. Dengan torsi maksimal 8,7 kgm pada 3.600 RPM.Untuk desain body, Daihatsu Ayla terlihat manis dengan jenis hatchback yang sedang digemari saat ini. Dengan demikian Daihatsu Ayla sangat tepat jika dibilang sebagai city car yang irit bahan bakar.Daihatsu Ayla akan diperkuat dengan mesin yang sama 1.0 liter (998 cc). Mesin ini akan sanggup hasilkan tenaga sekitar 68 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 93 Nm pada 3.600 rpm. Performa mesin ini akan dikombinasikan dengan dua pilihan sistem transmisi 5 percepatan baik manual maupun otomatis. Saat dipergunakan hanya di dalam kota tercatat konsumsi BBMnya sekitar 5,3lt/100km.

Namun, untuk tipe-tipe lainya, Daihatsu akan tetap menyematkan berbagai fitur seperti power steering, power window, juga AC dan Audio. Dilepasnya beberapa varian ini, diharapkan dapat memberikan pilihan lebih banyak bagi konsumen.

Harga yang ditawarkan untuk mobil baru ini cukup menggoda dengan range harga dari 70jt - 100 jt.

Untuk mobil lainnya dilanjut pada postingan selajutnya ya.





Read More

Program Mobil Murah

Menanti Mobil Murah


Sejak digulirkan rencana produksi massal mobil murah dan ramah lingkungan atau sering disebut low-cost green car (LCGC), semakin menambah rasa penasaran bagi calon konsumen, khususnya untuk masyarakat dengan kantong pas-pasan. Mimpi dulu, mungkin bisa dilakukan sebelum upaya para pabrikan itu siap menggempur pasar masyarakat berpenghasilan kecil.

Karena sampai sekarang, pemerintah belum menerbitkan aturan baku soal LCGC ini. Untuk memproduksi mobil kecil (compact car) bagi menengah ke bawah, perlu berbagai instrumen regulasi agar harga produknya menjadi lebih terjangkau.

Membuat regulasi saja rupanya tidak mudah karena menyangkut koordinasi berbagai instansi, seperti Kemenkeu, Kemenperin ataupun Kemendag, serta instansi pendukung lainnya. Menurut Menperin, MS Hidayat, kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) hanya tinggal menunggu keppres.

Nantinya, mobil kecil tersebut akan dijual dengan harga tidak lebih dari 10.000 dollar AS per unitnya. “Kami menjamin, harganya akan terjangkau oleh masyarakat, di bawah 10.000 dollar AS. Butuh waktu dua tahun untuk membuat regulasi LCGC,” ungkap Hidayat, di Jakarta, belum lama ini.

Masih terkait regulasi, Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi, Firmanzah, mengaku perpres LCGC masih dalam tahap pematangan. Nantinya, perpres tersebut selain untuk mendukung pengembangan mobil LCGC di Tanah Air, aturan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menghemat anggaran subsidi BBM dalam APBN.

Menurut Firmanzah, pemerintah menginginkan mobil murah dan ramah lingkungan sekaligus harus hemat bahan bakar, yaitu minimal 20 kilometer per liter. Mobil tersebut juga harus mengandung minimal 80 persen komponen lokal agar mendapat insentif dari pemerintah.

Kendati aturan main belum ditetapkan, diketahui sejumlah pabrikan otomotif saat ini mulai berlomba-lomba menggarap pasar Indonesia di segmen mobil kompak, misalnya Honda Brio, KIA Rio, Hyundai i20, maupun Mitsubishi Mirage. Hal tersebut diakui oleh Johnny Dharmawan, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Dia mengatakan pabrikan mulai merespons dengan memasarkan berbagai produk mobil kompak. Akhir-akhir ini, kata Johnny, pertumbuhan mobil kompak kian marak, seiring dengan respons pasar yang mulai berkembang dipicu minat konsumen terhadap mobil irit bahan bakar.

"Mobil kompak menjadi pilihan yang tepat sebagai model mobil LCGC. Selain insentif, pemerintah juga memengaruhi ketertarikan industri untuk memproduksi mobil hemat ramah lingkungan," kata Johnny.

Pabrikan yang telah resmi mengumumkan mobil murahnya adalah Toyota dan Daihatsu, yang berencana menjadikan kedua kendaraan tersebut sebagai bagian dari produk LCGC besutan Astra Daihatsu. Agya dan Ayla rencananya awal 2013 mendatang mulai dipasarkan dengan banderol di bawah 100 juta rupiah.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan penjualan Ayla ditargetkan sebanyak 3 ribu unit per bulan pada tahap awal pemasaran di tahun mendatang. Pihaknya, kata dia, masih menunggu secara resmi aturan yang akan diterbitkan pemerintah mengenai rancangan LCGC.

"Kami berharap regulasi pemerintah segera diterbitkan," kata Amelia. Perkembangan mobil ramah lingkungan berharga terjangkau, menurut dia, dapat tumbuh dengan keterlibatan pemerintah dalam memberikan insentif agar biaya produski menjadi rendah dan harga jual menjadi lebih murah.

Terbebani Royalti

Pengamat otomotif, Johnny Pramono, mengatakan langkah sejumlah pabrikan dalam negeri dalam memproduksi mobil kompak yang dianggap menjadi bagian dari program LCGC tidak lepas dari peran principal untuk memperluas pangsa pasar kendaraan di Indonesia.

Keterlibatan pabrikan dalam negeri dalam program LCGC, kata dia, lebih menguntungkan principal ketimbang konsumen. Terlebih, kendaraan yang akan dipasarkan pabrikan dalam negeri dalam program LCGC masih mengusung brand asing dari negara asal merek tersebut.

"Kalau benar itu merupakan program LCGC, kenapa mesti ada embel-embel merek principal, berarti konsumen tetap dibebankan royalti yang menjadi keuntungan besar bagi principal asing. Sementara insentif yang diberikan pemerintah sebagian besar untuk menanggung royalti yang akan dibayarkan kepada asing," kata Johnny.



Read More
serbanyampur.blogspot.com. Powered by Blogger.

© Serba Serbi Informasi Bercampur Di Sini, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena