Lanjut Ke Tata Nano, si mobil mungil dari negeri Bollywood...
Dengan menyasar pasar kelas mobil murah, Tata Nano berharap mampu bersaing dipasar mobil Indonesia yang memang sangat menggiurkan.
Read More
Kalau kita sering nonton Televisi, maka
belakangan ini kita bisa melihat sebuah iklan yang cukup menarik, karena iklan
tersebut bertindak sebagai brand image positioning bagi sebuah perusahaan di
market Indonesia, yaitu PT Tata Motors Indonesia.
Selidik punya selidik, ternyata TATA adalah perusahaan produsen kendaraan yang sangat terkenal di India dengan beragam produknya, seperti TATA NANO, TATA INDICA VISTA dan TATA ARIA. Apalagi setelah rancangan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang sebentar lagi diterbitkan oleh pemerintah, memungkinkan perusahaan asal India tersebut bisa masuk ke pasar mobil Indonesia yang memang sangat menggiurkan, terutama kelas dibawah 100 juta.
Setelah munculnya ESMKA sebagai mobil "rakyat", dan regulasi pemerintah yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk membuat pabrik dan merakit mobil didalam negeri sehingga mampu menekan harga mobil sedemikian rupa, maka perusahaan-perusahaan mobil besar seperti Toyota dan Daihatsu juga mempersiapkan mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Ceruk yang menarik ini juga membuat TATA segera bermanufer untuk bisa memasukkan produk andalannya TATA NANO ke pasar Indonesia lewat regulasi pemerintah tentang mobil murah dan ramah lingkungan seperti dengan beriklan diberbagai stasiun televisi Swasta dan di Internet, serta rencana bekerja sama dengan pabrikan lokal PT Gaya Motor (Astra Grup) atau National Assemblers (Indomobil Grup). Syarat-syarat regulasi tersebut diantaranya adalah Konsumsi bbm 22 kpl, memiliki mesin 1.000 cc ke bawah, wajib dirakit di Indonesia, dan 80 persen komponen yang digunakan wajib dibuat di Indonesia.
Selidik punya selidik, ternyata TATA adalah perusahaan produsen kendaraan yang sangat terkenal di India dengan beragam produknya, seperti TATA NANO, TATA INDICA VISTA dan TATA ARIA. Apalagi setelah rancangan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang sebentar lagi diterbitkan oleh pemerintah, memungkinkan perusahaan asal India tersebut bisa masuk ke pasar mobil Indonesia yang memang sangat menggiurkan, terutama kelas dibawah 100 juta.
Setelah munculnya ESMKA sebagai mobil "rakyat", dan regulasi pemerintah yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk membuat pabrik dan merakit mobil didalam negeri sehingga mampu menekan harga mobil sedemikian rupa, maka perusahaan-perusahaan mobil besar seperti Toyota dan Daihatsu juga mempersiapkan mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Ceruk yang menarik ini juga membuat TATA segera bermanufer untuk bisa memasukkan produk andalannya TATA NANO ke pasar Indonesia lewat regulasi pemerintah tentang mobil murah dan ramah lingkungan seperti dengan beriklan diberbagai stasiun televisi Swasta dan di Internet, serta rencana bekerja sama dengan pabrikan lokal PT Gaya Motor (Astra Grup) atau National Assemblers (Indomobil Grup). Syarat-syarat regulasi tersebut diantaranya adalah Konsumsi bbm 22 kpl, memiliki mesin 1.000 cc ke bawah, wajib dirakit di Indonesia, dan 80 persen komponen yang digunakan wajib dibuat di Indonesia.
Spesifikasi Mobil TATA NANO
Dimensions
|
|
Overall Length
|
3099 mm
|
Overall Width
|
1495 mm (Without ORVMs)
|
Overall Height
|
1652 mm
|
Wheelbase
|
2230 mm
|
Ground clearance
|
180 mm
|
Min Turning Circle Radius
|
4 m
|
Seating Capacity
|
4 persons
|
Fuel Tank Capacity
|
15 Litres
|
Kerb Weight :
|
|
Nano
|
600 kg
|
Nano CX
|
615 kg
|
Nano LX
|
635 kg
|
Boot Space
|
With rear seat folded: 500 Litres
|
Without rear seat folded: 80 Litre
|
|
Engine dan
Transmission
|
|
Engine Type
|
624 cc, 2 cylinder, MPFI
|
Max Engine Output
|
38 PS @ 5500 ± 250 rpm
|
Maximum Torque
|
51 Nm @ 4000 ± 500 rpm
|
Maximum Speed
|
105 kmph
|
Gradeability
|
30%
|
Transmission
|
Synchromesh on all forward gears,
Sliding mesh on reverse gear with overdrive on 4th gear
|
No. of Gears
|
4 Forward + 1 Reverse
|
Suspension
|
|
Front
|
Independent, Lower Wishbone, McPherson
Strut with gas filled dampers and anti-roll bar
|
Rear
|
Independent, Semi Trailing arm with
coil spring & gas filled shock absorbers
|
Brakes
|
|
Brake Type
|
Dual Circuit, Vertical Split operated
by tandem master cylinder with vacuum booster
|
Front
|
180 mm diameter Drum Brake
|
Rear
|
180 mm diameter Drum Brake
|
Wheels and Tyres
|
|
Tyre Type
|
Radial & Tubeless
|
Front Tyre size
|
135/70 R12
|
Rear Tyre size
|
155/65 R12
|
Spare Tyre size
|
135/70 R12
|
Wheels
|
4 B x 12
|
Dengan menyasar pasar kelas mobil murah, Tata Nano berharap mampu bersaing dipasar mobil Indonesia yang memang sangat menggiurkan.