Kita mulai dengan Toyota Agya.
Sejatinya Toyota Agya ini adalah kembaran dari Daihatsu Ayla, namun ada penambahan spesifikasi dibandingkan dengan Daihatsu Ayla.
Berikut gambar Toyota Agya.
Toyota Agya tampaknya akan menjadi penguasa jalanan di
Indonesia nantinya. Kabarnya toyota agya ini dibanderol dengan harga dibawah
100juta atau sekitar 80 jutaan untuk seri toyota agya yang paling murah. Namun
jangan salah, walaupun harganya murah, Toyota Agya sudah dilengkapi fitur dan
spesifikasi yang bisa dibilang bagus. Desain body dan interior toyota agya
terlihat sangat menawan dan elegant.
Ada 3 tipe Agya yakni E (terendah), G (high grade) dan TRD-S.
Masing-masing memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan mesin 3
silinder 1.000 cc. Semua tipe Toyota Agya sudah dipasangi SRS airbag. Jadi
lebih aman kalau terjadi kecelakaan. Ini perbedaan mendasar dengan Ayla. Ayla
tidak memiliki airbag. Seat belt di kursi belakang pun sudah menjadi fitur
standar Toyota Agya.
Spesifikasi Toyota
Agya
Dimensi
Panjang : 3.600 mm
Lebar : Tipe E 1.600 mm; Tipe G dan TRD S 1.620 mm
Tinggi : 1.520 mm
Wheelbase : 2.450 mm
Mesin
Tipe : 3 cylinder inline, 12 valve, DOHC
Kapasitas : 988 cc
Tenaga : 65 @ 6.000 rpm
Torsi : 86 kgm @3.600 rpm
Tangki : 33 liter
Bahan bakar : Bensin tanpa timbal
Sasis
Transmisi : 5-speed manual dan 4 speed automatic
Sistem kemudi : Rack and Pinion with Electric Power Steering
Suspensi
Depan : MacPherson Struts with Coil Spring
Belakang : Semi independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem
Depan : 12 inch solid (MT); 13 inch Disc (AT)
Belakang : Drum 165
Ban
Tipe E : 155/80 R13 with Steel & Wheel Cap
Tipe G dan TRD S : 175/65 R14 with Alloy Wheel
Jumlah tempat duduk penumpang : 4 (bisa diisi 5 orang dengan nyaman)
System keamanan : SRS airbag
Velg : alloy 6 spoke wheel ukuran 175/65 R14
Spion : electric (kecuali varian E)
AC : ada
Power windows + central door lock
Kemudi : power steering
Panjang : 3.600 mm
Lebar : Tipe E 1.600 mm; Tipe G dan TRD S 1.620 mm
Tinggi : 1.520 mm
Wheelbase : 2.450 mm
Mesin
Tipe : 3 cylinder inline, 12 valve, DOHC
Kapasitas : 988 cc
Tenaga : 65 @ 6.000 rpm
Torsi : 86 kgm @3.600 rpm
Tangki : 33 liter
Bahan bakar : Bensin tanpa timbal
Sasis
Transmisi : 5-speed manual dan 4 speed automatic
Sistem kemudi : Rack and Pinion with Electric Power Steering
Suspensi
Depan : MacPherson Struts with Coil Spring
Belakang : Semi independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem
Depan : 12 inch solid (MT); 13 inch Disc (AT)
Belakang : Drum 165
Ban
Tipe E : 155/80 R13 with Steel & Wheel Cap
Tipe G dan TRD S : 175/65 R14 with Alloy Wheel
Jumlah tempat duduk penumpang : 4 (bisa diisi 5 orang dengan nyaman)
System keamanan : SRS airbag
Velg : alloy 6 spoke wheel ukuran 175/65 R14
Spion : electric (kecuali varian E)
AC : ada
Power windows + central door lock
Kemudi : power steering
Selain Toyota dan Daihatsu, kabarnya Honda juga akan ikut ke program mobil murah yang dicanangkan pemerintah.
Kabarnya honda sudah menyiapkan pabrik mereka untuk mengikuti program mobil murah ini. Adapun kabarnya mobil murah yang akan diikutkan adalah Brio dengan kandungan lokal 80 persen.
Berikut dibawah ini gambar-gambar Honda Brio.
Sampai saat ini belum ada kepastian dari Honda apakah Brio akan dimasukkan ke program mobil murah atau tidak. Kita tunggu saja.