Informatif dan Menghibur

Friday, December 28, 2012

Popularitas Dede Yusuf paling tinggi, disusul Dedi Mizwar

                Popularitas Dede Yusuf paling tinggi, disusul Dedi Mizwar

Popularitas Dede Yusuf paling tinggi jika dibanding 9 tokoh lainnya yang akan bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Dalam dua kali survei yang dilakukan Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (PK2S) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Dede masing-masing meraup 34,4 persen dan 49,96 persen.

"Dede masih tinggi secara ketokohan individualnya, dibanding kandidat lainnya," kata Ketua PK2S Toni Toharudin dalam pemaparan Hasil Survei Ke-2 Pilgub Jabar 2013, di Gedung Rektorat Unpad Bandung, Jumat (28/12).

Sementara, pendatang baru dalam perpolitikan di Jawa Barat, yakni Deddy Mizwar menempati posisi ke-2. Calon Wakil Gubernur Jabar 2013 ini mencapai 43,12 persen.

"Deddy Mizwar memang populer bukan saja di Jabar, karena dia kental dengan tokoh keartisannya, kami tidak munculkan di survei pertama, karena survei pertama baru bakal calon," katanya.

Selanjutnya ada, Ahmad Heryawan yang menempati urutan ketiga. Tingkat popularitas-individual calon yang diusung PKS, Hanura, PBB, dan PPP itu 41,84 persen.

"Pada survei pertama Ahmad Heryawan raihannya sebesar 19,75 persen, tapi jelang Pilgub ini Aher naik popularitasnya," ujarnya.

Keempat, ada tokoh satu-satunya perempuan dalam pertarungan Pilgub Jabar 2013 ini, yakni Rieke Dyah Pitaloka. "Tingkat popularitas Rieke melejit dengan raihan 41,1 %, padahal pada survei awal hanya 7.37 %," katanya.

Sedangkan calon yang diusung Golkar, Irianto MS Syafiuddin alias Yance menempati urutan kelima yakni 19,56 %. Survei pertama menunjukan angka 8,28, berikutnya melejit menjadi 19,56 %.

Lima lainnya, tingkat popularitas diisi Teten Masduki dengan 11,06 %, Tatang Farhanul Hakim 7,6 %, Cecep Nana Suryana Toyib 5,84 %, Lex Laksamana 5,84 % dan Dikdik Mulyana Arif Mansur 3,78 %.

Adapun desain sampling yang digunakan pada survei pertama dan kedua yakni Two Way Stratification Sampling. Survei kedua ini, dilakukan pada 30 November hingga 12 Desember 2012, dengan sampling error 2,5 % dan jumlah respondennya mencapai 2313.

Sumber: merdeka.com
serbanyampur.blogspot.com. Powered by Blogger.

© Serba Serbi Informasi Bercampur Di Sini, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena