Informatif dan Menghibur

Friday, December 28, 2012

Kapasitas mesin Tata Nano lebih besar tahun depan

Walau telah diperkenalkan, namun Tata Nano belum resmi dijual di Indonesia. Mobil yang dipasarkan dengan mesin 624 cc ini akan memiliki mesin lebih besar di tahun depan, yang disebut akan meningkat sekitar 200 cc menjadi 800 cc.
Seperti dikutip economictimes.indiatimes, perubahan mesin ini ditujukan untuk beradu di segmen berbeda yang kini didominasi Hyundai Eon dan Maruti Alto, salah satu mobil yang disebut-sebut sebagai calon LCGC di Indonesia.
"Kami memang tidak siap dengan potensi yang seharusnya kami miliki (mobil rakyat mesin 800 cc). Sepertinya akan ada banyak PR yang harus diselesaikan dalam hal ini," ujar pimpinan Tata Group yang menambahkan bahwa akan ada opsi mesin diesel pula pada Nano ini.
Yang menarik, mobil yang diklaim termurah di dunia ini tidak akan mengalami peningkatan harga di India. Harganya tetap akan dipasarkan mulai dari Rs 2,5 lakh atau setara Rp. 40 jutaan.
Di Indonesia? Tata Motors Indonesia akan menyiapkan dealer serta infrastruktur. Direktur HR & Legal Tata Motors Indonesia Achmad Djauhari di IIMS 2012 menyebutkan bahwa memiliki pabrik di Tanah Air adalah satu dari sekian hal untuk menunjang syarat mewujudkan status LCGC, sesuatu yang akan menarik bagi pasar kelak.
                Kapasitas mesin Tata Nano lebih besar tahun depan

"Syarat-syarat dari Pemerintah Indonesia memungkinkan untuk kami. Konsumsi bahan bakar Nano sendiri sudah 22 km per liter, sudah bermesin 1.000 cc ke bawah. Satu syarat lagi adalah dan wajib dirakit secara lokal," ungkapnya seraya memaparkan bahwa persyaratan itu harus dipenuhi pada tahun ketiga penjualan, sehingga pihaknya akan mencari mitra dalam perakitan ini.
"Kami bisa menumpang perakitan dulu, sambil menyiapkan pabrik sendiri," tambahnya.
Dua nama yang kemungkinan menjadi mitra dalam hal ini adalah pabrik PT Gaya Motor yang digunakan Grup Astra atau National Assemblers oleh Grup Indomobil.
Nano sendiri belum akan dijual ke publik, dan menjadi bahan perkenalan sebelum akhirnya tersedia setelah adanya dealer dan jaringan penjualan. Harganya diperkirakan tak lebih dari Rp. 90 juta dengan adanya tambahan sejumlah fitur.
Nano sebelum mengalami perubahan mesin memiliki tenaga 38 PS. Belum ada konfirmasi mengenai data tenaga jika si kecil ini mengalami perubahan kapasitas mesin.

Sumber: otoasia.com
serbanyampur.blogspot.com. Powered by Blogger.

© Serba Serbi Informasi Bercampur Di Sini, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena