Informatif dan Menghibur

Tuesday, December 18, 2012

Ini Sebabnya Pria Suka Kasih Harapan Palsu ke Wanita

img
Ratih Ibrahim

Jakarta - Istilah PHP atau pemberi harapan palsu kini sedang banyak digunakan untuk mereka yang memang tak kunjung menyatakan cinta pada orang dekatnya. Para pelaku PHP ini bukan hanya pria, wanita pun ada.

Apa sebenarnya yang membuat seseorang menjadi pelaku PHP? Wolipop membahas fenomena ini bersama konsultan percintaan kami psikolog Ratih Ibrahim.

Ratih melihat PHP ini sebenarnya bagian dari diplomasi alias basa-basi. Ketika seseorang suka, tapi tidak sampai cinta, namun tetap ingin menjaga hubungan baik.

"Tapi dia merasa nggak enak untuk bilang, jagain perasaan," tutur Psikolog dan Pendiri Conseling and Development Center PT Personal Growth itu saat berbincang dengan wolipop Jumat (14/12/2012).

Orang yang merasa tidak enak bilang dan berusaha untuk menjaga perasaan ini disebut Ratih sebagai tipe orang yang kurang assertive atau tegas. Biasanya orang tipe ini memberikan harapan palsu karena memang tidak enak untuk mengatakan yang sebenarnya. Dia terus menaruh harapan pada pihak lain agar orang tersebut tidak sakit hati kemudian membenci mereka.

Tipe lainnya dari pelaku PHP adalah manipulatif. "Dia melakukannya karena berharap sesuatu ke kamu," jelas psikolog lulusan Universitas Indonesia itu.

Tipe manipulatif ini biasanya hanya memanfaatkan korban PHP-nya. Dia memberikan harapan palsu karena ingin mendapatkan sesuatu dari korbannya, seperti harta atau seks.

Tipe pelaku PHP lainnya adalah oportunis. "Oportunis ini berpikir dianya mau, jadi kenapa nggak," tutur Ratih. Pelaku PHP oportunis ini merasa tidak salah memberikan harapan palsu karena yang diberikan harapan pun mau.

Dari tiga pelaku PHP di atas, pernah jadi korban yang mana?

Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2012/12/18/081311/2121025/852/ini-sebabnya-pria-suka-kasih-harapan-palsu-ke-wanita?w992201835
                                        
serbanyampur.blogspot.com. Powered by Blogger.

© Serba Serbi Informasi Bercampur Di Sini, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena